Posted on

Penggunaan plastik vacuum dalam industri makanan bukanlah hal yang baru, Prinsip penggunaan kemasan vacuum yakni dengan mengeluarkan oksigen yang ada di dalam kemasan. Mengapa pengeluaran oksigen ini dianggap penting? Hal ini disebabkan berbagai jenis mikroorganisme membutuhkan oksigen untuk bisa berkembang biak. Setelah proses pengeluaran oksigen nantinya bisa dilanjutkan dengan perekatan kantong menggunakan sammic vacuum pack machine.

Manfaat yang dapat anda peroleh dengan menggunakan kemasan vacuum diantaranya:

Makanan Akan Lebih Awet

Ketika oksigen dikeluarkan dari kemasan maka umur  atau daya simpan suatu produk akan lebih lama. Hal inilah yang menyebabkan makanan atau produk yang dikemas di vacuum pack lebih awet karena tidak akan terjadi proses oksidasi di dalam kemasan. 

Makanan Terjaga Higienitasnya

Manfaat lain yang bisa anda peroleh dari penggunaan vacuum pack yakni makanan akan aman dan terbebas dari bakteri khususnya bakteri aerob. Bakteri aerob merupakan jenis bakteri yang membutuhkan udara untuk melakukan proses perkembangbiakan. Pada penggunaan sistem vakum mampu menekan pertumbuhan bakteri disebabkan perubahan yang terjadi pada atmosfer karena penghilangan oksigen. 

Menjaga Kesegaran Produk

Jika anda ingin menggunakan kemasan vacuum, selain mampu mengurangi potensi cemaran bakteri anda juga tetap bisa menjaga kesegaran produk. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa produk yang dikemas di dalam plastik vacuum lebih terjaga kesegarannya terlebih pada jenis produk seperti daging dan turunannya yang sangat mudah membusuk karena bakteri aerob. 

Anda Bisa Menjangkau Pasar Lebih Luas

Kelebihan lain yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan kemasan vacuum yakni anda bisa mengirim produk lebih jauh dibandingkan anda menyimpannya dalam kemasan biasa. Sehingga prospek pemasaran kedepannya akan jauh lebih maju. Selain itu pengemasan menggunakan vacuum juga membuat produk terlihat lebih eksklusif karena kemasannya yang jauh lebih tebal dibanding plastik pada umumnya. Sehingga hal ini bisa menarik perhatian pembeli.

Meskipun pengemasan produk dalam plastik vakum mampu memperpanjang umur produk, namun anda tetap harus mencantumkan waktu kadaluwarsa produk agar konsumen tetap bisa waspada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *