Posted on

Untuk mengetahui masa subur bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator masa subur atau mengetahuinya sendiri. Di bawah ini penjelasan antara keduanya:

  1. Dengan Menggunakan Kalkulator

Dengan menggunakan kalkulator masa subur untuk menghitung masa subur maka Anda bisa mengetahuinya secara angka pasti. Di kalkulator tersebut akan terlihat tanggal berapa Anda akan mengalami masa subur sehingga jika Anda ingin melakukan program hamil bisa memanfaatkan masa subur tersebut akan tetapi jika Anda  ingin melakukan KB maka bisa menghindari tanggal tersebut.

Penggunaan kalkulator masa subur dapat mempermudah masyarakat yang ingin mengetahui kapan waktu suburnya walaupun awam dengan dunia kebidanan. Untuk yang sudah tahu tapi tidak ada waktu untuk menghitung manual bisa menggunakan kalkulator tersebut.

2. Dengan Cara Sendiri

Selain menggunakan kalkulator, Anda juga bisa menggunakan cara sendiri atau menghitung sendiri. Caranya bagi Anda yang memiliki siklus teratur antara 28-32 hari maka masa subur Anda sekitar hari ke-11 sampai hari ke-17 dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Pada sekitar 8 hari tersebut lebih baik tidak melakukan hubungan seksual jika Anda ingin melakukan KB tetapi jika program maka lakukan secara teratur setiap hari.

Tetapi walaupun Anda memiliki siklus teratur tetapi siklusnya kurang dari 26 atau lebih dari 32 hari lebih baik jangan menggunakan cara ini untuk KB kalender dan lebih baik mengkonsultasikan hal tersebut kepada bidan atau dokter kandungan terdekat, metode apa yang cocok.

Selanjutnya bagi Anda yang tidak memiliki siklus yang teratur, maka bisa mempersiapkan tanggal di mana tanggal tersebut adalah hari pertama menstruasi sekitar 6 bulan terakhir. Anda tinggal menghitung beberapa siklus dari 6 bulan tersebut. Lalu lihat berapa siklus yang paling pendek dan berapa siklus yang paling panjang.

Untuk siklus paling pendek, kurangi dengan angka 18. Misalnya paling pendek adalah 29 hari maka jika dikurangi 18 hasilnya 12. Lalu siklus terpanjang dikurangi 11, misalnya 32 dikurangi 11 maka hasilnya 21. Jadi masa subur di hari ke-12 sampai ke-21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *