Posted on

Sebagai alternatif lain dari atap genting dari tanah liat maka bisa digunakan atap spandek yang bisa dipilih dalam berbagai warna yang lebih beragam juga lebih ringan dan mudah dalam pemasangan atau proses instalasinya. Atap spandek ini juga awet bisa hingga selama 20 tahun lebih umur daya pakainya. Berikut ini adalah kisaran harganya.

Kisaran Harga Atap Spandek

Atap spandek yang terbuat dari campuran bahan berkomposisi bahan alumunium sebesar 55% dan bahan seng sebesar 43% serta sisanya agar atap spandek bisa lebih lentur maka ditambahkan dengan bahan silicon sebesar 2% tersebut tersedia di pasaran dengan ukuran tebal beragam, yakni ada yang tingkat ketebalannya 0.3 mm dan 0.35 mm serta 0.4 mm dan 0.45 mm juga dan 0.5 mm. Berikut ini adalah gambaran harganya.

Atap Spandek dengan tebal 0,30 kisaran harganya 45 ribu Rupiah per m2

Atap Spandek dengan tebal 0,35 kisaran harganya 50 ribu Rupiah per m2

Atap Spandek dengan tebal 0,40 kisaran harganya 55 ribu Rupiah per m2

Atap Spandek dengan tebal 0,45 kisaran harganya 65 ribu Rupiah per m2

Atap Spandek dengan tebal 0,50 kisaran harganya 75 ribu Rupiah per m2

Langkah Cara Pemasangan Atap Spandek

Salah satu kelebihan dari atap spandek ini adalah pada pemasanganmya yang mudah dan juga renahnya tingkat wasting materialmya. Berikut ini adalah cara dan langkah pemasangan atap spandek.

Ukur Jarak Tumpuan

Ukur dan rancang atau desain kuda-kuda baja ringan, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Tingkat kekuatan dalam menahan beban atap

Tingkat kemiringan atap yang tepat, supaya air hujan bisa mengalir dengan lancar 

Tentukan panjang top chord. 

Sebaiknya libatkan ahlinya dalam proses penyusunan konstruksi rangka atapnya supaya tepat perhitungannya.

Pemasangan kuda-kuda

Sesudah desainnya selesai, lalu bisa mulai dipasang kuda-kudanya, dengan urutan sebagai berikut.

Pemasangan reng baja ringannya, yang tergantung dan dipengaruhi oleh jenis penutup atap yang digunakan. Reng haruslah pas dengan lebar daun dari atapnya. Jadi jarak antar reng memang tidak selalu sama, tapi tergantung dari jenis penutup yang akan dipakai.

Pemasangan seng atau genteng atapnya. Pasang dengan rapi dan rapat sehingga tidak akan terjadi atau timbul kebocoran atap pada saat hujan.

Pemasangan rabung, dan nok pinggir, serta flashing, dengan secara rapi, dan kuat, serta teliti.

Proses pemasangan atap spandek tersebut bisa berlangsung dengan cepat, karena cakupan luas area yang bisa ditutup oleh selembar genteng spandek tersebut jauh lebih lebar dan lebih luas jika dibandingkan dengan genteng-genteng lainnya yang berukuran lebih kecil. Atap spandek ini lebih aman juga karena ringan dan kuat, serta tahan rayap jadi tidak akan mudah menjadi keropos, atau retak dan pecah. Hanya saja jangan sampai terinjak lama agar tidak menjadi melengkung bentuk atapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *