Posted on

Sistem konstruksi bangunan rumah dengan menggunakan baja ringan untuk pertama kali telah dipergunakan di Portugal, dan lalu mulai menyebar ke berbagai pelosok negara seperti di Amerika Serikat, di Jepang, dan juga di Argentina. Baja ringan memang dapat menjadi alternatif pilihan lain sebagai pengganti rangka kayu ataupun konstruksi beton cor dan juga ada banyak nilai plusnya. Berikut ini adalah nilai plus dari rumah baja ringan tersebut.

Kuat dan Awet

Baja ringan itu tidak kuat karena tidak mudah menjadi keropos seperti kayu, juga tahan rayap dan juga tahan korosi jadi cukup tahan terhadap terpaan berbagai cuaca  baik panas maupun hujan. Sehingga bisa awet dan bertahan dengan daya pakai yang lama dan panjang, bisa hingga puluhan tahun bahkan lebih. Daya tahannya terhadap beban juga cukup tinggi. Nilai tegangan tarikan baja ringan tersebut lebih tinggi, sebagai perbandingan maka baja ringan dengan tingkat ketebalan 1 mm akan memiliki tingkat kekuatan serta ketahanan yang setara dengan kekuatan baja konvensional yang dengan tingkat ketebalan sekitar 3 mm atau lebih.

Bentuk Tipis dan Ringan

Bentuknya juga tipis dan ringan sehingga akan memudahkan proses pemindahan dan juga proses pemasangannya. Lebih hemat biaya juga karena tidak akan memerlukan penggunaan berbagai alat berat.

Proses Pemasangan yang Cepat dan Mudah

Metode cara pemasangan baja ringan bisa dilakukan dengan secara pre fabrikasi, yakni ketika keseluruhan kebutuhan dan pemotongan rangka bajanya dilakukan secara full komputerisasi sejak dari pabrik sehingga tukang tinggal merangkai dan langsung merakitnya saja di tempat lokasi pembangunan, atau secara semi pabrikasi yakni ketika sebagian rangkanya diukur dan dipotong di tempat lokasi pembangunannya. Kedua cara atau metode.pemasangan tersebut cukup mudah dan juga bisa dengan cepat diselesaikan. Pemasangan rangka baja ringan tersebut juga hanya akan memerlukan lebih sedikit biaya tenaga kerja atau tukang. Cara pemasangannya yang sangat efektif dan cepat ini akan bisa menghemat biaya.

Efisien dan Ramah Lingkungan

Dikarenakan cara perhitungan kebutuhan baja ringan yang telah terkomputerisasi dan secara tepat dan benar sesuai jumlah kebutuhannya maka penggunaan bahannya juga secara efisien dan tak akan banyak meninggalkan sisa. Dan seandainya masih terdapat sisa bahan maka itu juga akan bisa dengan mudah didaur ulang sehingga tidak akan membuat polusi dan lebih ramah lingkungan. Penghematan biaya juga didapat akibat tidak terlalu banyaknya sisa bahan material tersebut.

Hemat dan Murah

Jika dihitung dengan cermat dan mengingat segala nilai plus bahan material baja ringan sebagaimana tersebut di atas maka meski harga beli satuan baja ringan itu cenderung lebih mahal namun total biaya keseluruhannya justru lebih murah karena terdapat banyak penghematan yang bisa dilakukan.

Nilai plus tadi masih ditambah dengan masih dimilikinya nilai jual rangka baja ringan tersebut pada saat pembongkaran rumah, dan juga rumahnya bisa tahan api dan tahan gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *